Breaking News

Minggu, 21 September 2014

Jaringan Internet Melambat

Sering kita temui  orang-orang pengguna internet yang mengeluh dengan jaringan internet yang mereka gunakan, ada yang mengeluh lambat loading, downloadnya lambat, uploadnya juga dan banyak lagi keluhan-keluhan lainnya. dan pada akhirnya yang menjadi sasaran adalah ISP (internet service provider) atau penyedia layanan internet, mereka menyalahkan dan bahkan sering mencemooh dgn berbagai cara.
sebelum menyalahkan ISP yang kita gunakan, ada baiknya kita mesti tahu klo penyebab lambatnya jaringan internet yang kita gunakan.
Ada beberapa hal Penyebabnya diantaranya:
  1. Kekuatan sinyal dari provider. Semakin jauh BTS dari lokasi Anda, maka kecepatan koneksi internetnya juga semakin buruk.
  2. Adanya pembatasan pemakaian dari pihak provider. Misalnya, hanya pada pemakaian 1 GB pertama saja kecepatan koneksinya tinggi, setelah itu kecepatannya akan semakin berkurang.
  3. Biasanya pengguna paling sering menggunakan internet pada saat sore hingga malam hari. Banyaknya jumlah pengguna yang menggunakan akses internet pada saat yang bersamaan juga mempengaruhi kecepatan koneksi internet. Maka dari itu, hindarilah menggunakan akses internet pada saat jam-jam trafik (padat).
  4. Tentunya setiap browsing di internet, barowser akan menyimpan cache, cookies dan history mengenai laman website yang dikunjungi. Nah, setiap minimal sebulan sekali, usahakan untuk menghapus/ membersihkan ketiganya.
  5. Mungkin, karena ingin browser Anda terlihat style, Anda menambahkan berbagai macam Add Ons maupun Plugin. Perlu Anda ketahui, banyaknya Add Ons ataupun Plugin di dalam browser Anda malah menyebabkan software menjadi rawan crash.
  6. Membuka banyak tabs dalam waktu yang bersamaan juga berpengaruh terhadap lambat tidaknya koneksi internet, Karena semakin banyak tab yang dibuka, maka akan semakin berat pula kinerja perangkatnya.
  7. Lakukan update anti virus secara berkala. Bisa jadi browser Anda menjadi lemot karena terserang virus.
  8. Setting dan konfigurasi modem yang mungkin belum sesuai dengan standar provider.
  9. Kualitas modem. Karena sekarang ini, modem bajakan sudah marak beredar di mana-mana. Untuk menghindari dampak (baca : menyesal di kemudian hari) sebelum membeli modem ada baiknya kalau modem tersebut dicoba terlebih dahulu.
  10. Terlalu lamanya pemakaian, tentu akan membuat modem menjadi panas. Seperti pada perangkat elektronik lainnya, panas akan membuat kinerja perangkat akan semakin menurun. Namun, hal ini dapat disiasati dengan menggunakan kipas eksternal. Akan tetapi, mematikan dan mendinginkan sekaligus mengistirahatkan modem yang Anda pakai tersebut juga sah-sah saja untuk dilakukan.
  11. Koneksi yang putus nyambung mungkin juga menjadi salah satu penyebab mengapa internet Anda menjadi lemot. Untuk mengatasi masalah ini, coba lakukan PING. Utilitas ini digunakan untuk mengecek koneksi.
    Caranya cukup mudah :
    • Klik Start – Run – Ketik CMD – Enter
    • Setelah jendela Command Prompt terbuka, cukup ketikkan ping [spasi] alamat website yang ingin diuji koneksinya. Misalnya, Anda ingin menguji koneksi Google. Maka cukup ketik : ping [spasi] www.google.com
    • Perhatikan pada bagian ‘time’. Apabila masih di bawah 1000ms berarti koneksi masih lancar.

Mungkin hal tersebut diatas yang bisa mempengaruhi lambatnya jaringan internet yang anda gunakan.

Tidak ada komentar:

Designed By Team IT Galeri Internet Support By Pemda Sinjai